24 November 2011

Teknik Strumming dan Memetik Melody Gitar (Picking Single Notes)

Bagi pemula gitar, anda akan mempelajari dasar-dasar bagaimana menggunakan tangan anda untuk memetik dan melakuakan strumming pada gitar. Jika anda belum pernah bermain gitar, memetik dan men-strum  mungkin terasa aneh pada awalnya bagi anda.

Mari kita mulai dengan cara bagaimana anda memegang pick gitar anda (Cara Memegang dan Teknik Latihan Menggunakan Pick Gitar ). Hal ini penting guna mempelajari cara yang tepat dan efektif bagaimana memetik gitar dengan baik, jadi mari kita lihat beberapa hal-hal mendasar yang perlu anda ketahui dalam rangka mengembangkan teknik ini. Ingat! yang paling dominan bergerak adalah pergelangan tangan anda, sedangkan jari dan lengan anda sendiri hanya bergerak sedikit dan sifatnya membantu.

Jika anda telah mahir dan lancar memainkan beberapa kord (Chord Anda yang Pertama dan Tip Dasar Belajar Memainkan Chord (Akord) Gitar), cobalah memetik ke-semua enam senar dengan gerakan yang lembut dan santai, naik (upstrokes) dan turun (downstrokes). Lakukan latihan ini sebanyak dan sesering mungkin agar jari kanan anda terlatih dan lancar dalam teknik strumming dan memetik. Sekali lagi pastikan anda sering berlatih, rileks, dan coba juga simak beberapa video di internet dari gitaris atau dari video belajar gitar (Guitar Lesson) yang dapat diunggah dengan mudah.

Sekarang saatnya untuk anda belajar memetik not-not yang ada pada fret gitar anda, biasanya kita sebut dengan memainkan Melodi. Melodi pada gitar adalah serangkaian not-not tunggal yang dimainkan oleh seorang gitaris dalam sebuah lagu sehingga membentuk suatu irama.
  
Letakkan pick gitar anda pada senar E rendah (senar no.6), boleh juga tangan kiri anda sambil membentuk kord pada fret, misalnya kord G, kemudian lakukan gerakan memetik ke bawah dengan pick anda (downstrokes), ingat! Pada saat pick memetik hanya pergelangan tangan anda yang bergerak, bukan bergerak dengan keseluruhan lengan anda.

Setelah senar E rendah dipetik ke arah bawah , sekarang lakukan gerakan ke atas (upstrokes) dengan pick anda pada senar yang sama. Ulangi bolak-balik upstrokes dan downstroke beberapa kali. Selalu usahakan jari anda yang memegang pick tidak bergerak terlalu jauh dari senar yang sudah dipetik, hal ini dimaksudkan agar anda tidak kerepotan saat akan memetik not lain pada saat berpindah senar, atau dengan kata lain agar gerakan pick anda efektif. Latihan ini sangat terasa manfaatnya ketika anda mulai lancar memainkan melodi, pada lagu yang bertempo cepat pick pada jari anda harus digerakkan secara efektif untuk mengejar not-not berikutnya. Jika gerakan picking jari anda terlalu lebar atau terlalu jauh, maka akan sulit bagi anda untuk kembali lagi menjemput not berikutnya.


Pada chart dibawah ini cobalah melatih teknik sederhana picking anda dalam memainkan single not (melodi) dengan menggunakan pick gitar anda, caranya dimulai dari senar E rendah (senar no.6), fret ke 1 tekan dengan jari telunjuk tangan kiri anda, lalu petik ke arah bawah (downdtrokes ) dengan menggunakan jari picking anda (kanan). Kemudian beralih ke fret no.2 pada senar yang sama (E), tekan dengan jari tengah dan petik ke arah atas (upstrokes V), begitu seterusnya. Jika sudah sampai pada senar paling bawah (senar no.1 / E tinggi), lakukan picking kembali tetapi sekarang gerakannya kebalikan dari yang tadi.



Selamat mencoba……

0 comments:

Post a Comment

Harap meninggalkan komentar,saran dan usul untuk pencerahan dan perbaikan , terima kasih.............
salam blogger

Popular Posts