02 December 2010

Tip Dasar Belajar Memainkan Chord (Akord) Gitar



Anda harus menguasai sepuluh (10) akord/chord kunci sebagai dasar dalam belajar gitar, jika anda menguasai chord-chord ini maka anda akan dapat memainkan ribuan lagu dari aliran (genre) apapun di kemudian hari. Chord itu adalah : C-D-Dm-E-Em-F-G-A-Am-B

Banyak pemula mengeluh dan putus asa ketika mereka melihat diagram chord yang jumlahnya ratusan, karena pikir mereka akan sulit membaca dan menghafalkan chord-chord sebanyak itu. Pendapat itu “SALAH”, kita tidak akan menghafalkan chord, seiring dengan jam terbang anda bermain gitar dan ketajaman naluri anda, anda akan mengerti apa yang saya sampaikan barusan tadi.

Berdasarkan pengalaman saya selama 27 tahun bermain gitar, dari 10 chord dasar ini kelak kita akan bisa merefleksikan dan meng-improvisasikan ke berbagai macam lagu. Sebagai contoh setiap saya mendengarkan sebuah lagu baru dan ingin mengetahui di chord apa nada dasar lagu tersebut, pasti saya akan mencobanya dengan chord paling dasar tadi seperti : G, C, D, Em, A … dsb.

Mengapa demikian?, jujur saja, jika saya ingin menciptakan progresi chord dalam sebuah lagu, pastilah tidak akan membuat chord yang rumit alias chord yang bisa membuat jari-jari menjadi kriting karena chord-chord yang sulit seperti Gdim (G diminished) ataupun Dm#5 (D minor sharp 5th), untuk lagu-lagu Jazz memang diperlukan chord-chord “miring” seperti itu, tapi saat ini lebih baik anda konsentrasikan perhatian  anda kepada chord dasarnya dahulu.

Sulitkah menurut anda? TIDAK… dengan niat dan ketekunan setiap orang juga bisa melakukannya.

Saya sarankan dari sepuluh chord-chord diatas untuk anda pelajari sebagai pemula,   mulailah berurutan dari chord : C - G - F - Em – Am – Dm , kemudian baru pelajari sisanya : D – A – E – B.

4 comments:

romailprincipe said...

Saya pemain gitar natural..maksudnya natural gak bisa..jadi hanya saya yang menikmati petikan gitar saya

Anonymous said...

maksudnya gimana berurutan? saya baru belajar nich jadi belum mengerti...kenapa gak dipelajari semua langsung...kok pake sisanya? tolong penjelasannya?

Johan said...

halo mr.Anonymous (minta nama dong?heheh) trima kasih udh mampir,knp hrs berurutan?agar sistematis,krn jk anda pelajari kord secara acak akan memlambatkan anda didlm penguasaan kord,krn C dan konco2nya adalah akord yg plng mudah utk di mainkan,banyak lagu2 sederhana dari kombinasi akord2 C - G - F - Em – Am – Dm ini yg dpt anda mainkan contohnya lagu Lupa2 Ingat (kuburan) C-Am-Dm-G dan msh bnyk lagu2 pop lainnya.semoga membantu.

arispu.shipping contructor said...

Paham gan. Simpel ternyata

Post a Comment

Harap meninggalkan komentar,saran dan usul untuk pencerahan dan perbaikan , terima kasih.............
salam blogger