28 November 2010

Chord Anda yang Pertama


Belajar Chord (akord) "C"
Anda sekarang harus sudah siap untuk belajar membunyikan chord (akord) gitar anda yang pertama. Sebuah Chord/akord adalah kombinasi dari 2 atau lebih not/nada yang dimainkan secara bersamaan dan menghasilkan suara yang "Harmonis". Beberapa panduan berikut ini akan membuat anda dengan cepat didalam penguasaan memainkan chord, tidak diperlukan teori macem-macem tentang musik untuk mulai berlatih.

Puluhan musisi terkenal telah membuat diri mereka menjadi bintang gitar dunia dengan berteorikan sedikit ilmu musik, bahkan banyak juga gitaris dunia yang Otodidak. Kita berkonsentrasi sekarang untuk menempatkan jari-jari anda pada posisi yang benar, sisanya akan sangat tergantung dariketekunan anda didalam berlatih ( Belajar Gitar Bagi Pemula bag-1 ).

Untuk memulai mengenal chord (akord) kita pilih chord "C Mayor" atau yang umum dikenal sebagai C. Kenapa harus Chord C mayor? bukan chord lainnya? Karena chord C ini ini akan digunakan secara luas dan akan berhubungan dengan banyak chord-chord lain yang akan anda pelajari di kemudian hari.

Titik dan angka pada diagram menunjukkan posisi masing-masing jari , untuk melihat cara penempatan posisi tangan dan jari yang tepat  klik disini ( Tips Dasar Belajar Chord Gitar Bagi Pemula/Posisi Jemari yang Tepat ) . Nomor angka pada diagram chord adalah jemari yang digunakan untuk menekan senar yang ditunjuk. Teorinya letakkan jari-jari anda dan tempatkan pada fret seperti yang ditunjukkan pada gambar. Jika perlu, gunakan tangan kanan anda untuk membantu meletakkan jari-jari tangan kiri anda di tempat yang tepat.

Chord C yang terbentuk adalah seperti ini:
  1. Jari Telunjuk (1) pada fret pertama, senar ke-2 (B), not atau nada yang dihasilkan adalah (C)
  2. Jari Tengah (2) pada fret kedua, senar ke-4 (D), not atau nada yang dihasilkan adalah (E)
  3. Jari Manis (3) pada fret kelima, senar ke-5 (A), not atau nada yang dihasilkan adalah (C)
  4. Tanda gambar bulat "O" (lingkaran) pada diagram chord, artinya senar harus ikut dimainkan/dibunyikan (dipetik), sedangkan tanda gambar "X" artinya tidak ikut dimainkan/dibunyikan.
    Chord "C Major"
Memang pada awalnya bagi mereka yang baru banget belajar, untuk beberapa hari akan terasa sakit pada ujung jari tangan kiri, tapi jangan khawatir sobat, nantinya sakit tersebut akan hilang dan jemari anda akan menjadi kuat. Bersamaan dengan itu juga mungkin suara chord yang dihasilkan tidak karuan, tetapi dengan ketekunan anda berlatih semua itu akan berlalu, dan chord yang anda mainkan akan terdengar semakin baik dan jernih, percayalah........

Nah untuk sementara segitu dulu yaah, udah cape nih, nanti kita teruskan lagi...SELAMAT BERLATIH

3 comments:

Blogger Sragen said...

Iya memang jemari menjadi sakit. Nggak tanggung2 gan sampai 3 hari. wkwkwk. Tapi aku setubuh sama agan kok. Pada awalnya memang diharuskan senam jari. Ingat buat pengen belajar gitar. HARUS senam jari, bukan senam lantai lho.xixixi.. Bercanda gan. Tapi postingannya bagus gan. Bermanfaat. :)

Johan said...

huahahahah...setubuh..?? itu baru namanya bhs blogger yg mangztab jaya...thanks anyway.

Shintya Sarizal Putri said...

memang sakit.. :(
ku ampe takut ujung jari tergores dan akhirnya luka..

Post a Comment

Harap meninggalkan komentar,saran dan usul untuk pencerahan dan perbaikan , terima kasih.............
salam blogger

Popular Posts