11 November 2011

Cara Praktis Mahir Dalam Perpindahan Kord Gitar

Alasan utama para pemula mengalami kesulitan dalam perpindahan kord gitar dengan cepat sebenarnya tidak ada hubungannya dengan seberapa panjang atau pendek jari-jari tangan anda, atau dengan cara anda duduk, atau bentuk fisik anda sekalipun (Posisi Jari-Jemari yang Tepat pada Gitar). Seringkali  gitaris pemula mengalami hambatan dan putus asa setelah mencoba beberapa kali pada saat tangan terasa sakit, akhirnya menjadi patah semangat, sebenarnya kunci utama mahir memainkan gitar adalah hanya dengan “latihan”, kemudian “latihan” dan selanjutnya “latihan” lagi, jangan pernah bosan! (Tip Dasar Belajar Memainkan Chord (Akord) Gitar). Saya akan berbagi pengalaman dengan anda tentang cara praktis mahir dalam perpindahan kord gitar.

Cobalah tips latihan sederhana dibawah ini dan baca juga posting saya terdahulu (
Chord Anda yang Pertama ):  
  • Latih kord diatas bergantian, lakukan perpindahan kord secara cepat, jika masih kaku pindahkan perlahan, jaga tempo irama agar tetap konstan (dengan metronome lebih baik). Setiap kali perpindahan kord, usahakan semakin cepat berpindah. 
Anda bisa memilih kord-kord lain setelah anda lancar dengan latihan diatas.

Jika anda masih merasa kesulitan didalam perpindahan antar kord, berhentilah memetik dan lakukan perpindahan kord tanpa gitar dibunyikan, amati jari-jari anda pada saat perpindahan dan pada saat jari menekan senar pada satu kord.

Berpindahlah ke kord berikutnya (masih tanpa memetik), amati lagi, jari mana yang harus mendarat duluan pada saat anda berganti kord, lakukan berulang-ulang, semakin lama semakin cepat, ingat! masih dalam keadaan gitar tidak di-strum atau dipetik.

Kemungkinan salah satu atau beberapa jari-jari anda akan terasa sakit dan kaku, atau lari dari fret, atau malah kadang-kadang mengambang pada senar, sehingga bunyi kord yang dihasilkan terdengar aneh (muted), hal ini wajar saja, bukan karena anda kurang berbakat, tetapi karena anda belum terbiasa, siapkan mental OK!, Sebagai pemula, berpindah dari kord satu ke kord yang lain bisa membutuhkan waktu 5 menit, ini lumrah, jadi teruskan semangat.

Yang paling dibutuhkan adalah “Kesabaran” dan “Ketekunan”, jadi bersabarlah tetapi tetap rajin latihan, baca juga (Chord Anda yang Pertama) & (Posisi Jari-Jemari yang Tepat pada Gitar) .

Sekian dulu yaah sharing kali ini, semoga bermanfaat, komentar dan saran ditunggu.

8 comments:

Bersama Gitar-Ku said...

Sip...Infonya..

belajarmain said...

terima kasih, infonya menguatkan "iman" saya untuk terus mencoba belajar bermain gitar :)

didi rahardiana said...

cara senam jari nya gimana?

Unknown said...

Susah perpindahan chord F mayor dan B mayor ehh

Unknown said...

Ane belum punya gitar 😂😂😂

Unknown said...

Makasih informacinya doakan sya biar cepat bisa

Unknown said...

Yg paling susah chord nya tuh bm sma f lebih mudahf#7

Unknown said...

Doakan supaya cepet punya gitar. Baru saya belajar

Post a Comment

Harap meninggalkan komentar,saran dan usul untuk pencerahan dan perbaikan , terima kasih.............
salam blogger

Popular Posts