03 October 2011

Biografi EBIET G ADE

 

Seorang Ebiet G Ade adalah sebagai penyanyi sekaligus penulis lagu yang legendaris, lagu-lagu beliau sampai saat ini sering kita dengar baik itu di media televisi atau radio, bahkan di mall sekalipun. Karya anak bangsa satu ini yang lahir di Wanadadi, Banjarnegara, 21 April 1955 adalah karya puisi yang dilagukan dan bernuansa balada, sering bercerita tentang alam, cinta, sosial dan Tuhan. 

Beberapa judul lagunya juga menyampaikan kritikan terhadap pemerintah dan ketidakadilan yang diderita kaum papa, hal ini tersirat pada kedalaman makna syair-syairnya. 
Beliau terjun pada lingkungan seniman Yogyakarta sejak tahun 1971. Motivasi dan semangat terbesar yang membentuk kreativitas karya-karyanya adalah ketika beliau bersahabat dengan Emha Ainun Nadjib (penyair), Eko Tunas (cerpenis), dan E.H. Kartanegara (penulis). Beberapa puisi Emha bahkan sering dilantunkan Ebiet dengan petikan gitarnya walaupun sewaktu masuk dapur rekaman tidak ada syair Emha yang ikut dinyanyikannya. 

Pria yang lebih suka disebut sebagai penyair daripada penyanyi itu pada awalnya hanya menyanyi dengan ber-konser di Jawa Tengah dan DIY, memusikalisasikan puisi-puisi dan hanya menganggapnya sebagai hobi semata. Namun atas dorongan para kerabatnya Ebiet pun bersedia juga menerobos dunia musik Nusantara. Ebiet selama lima tahun sempat vakum di karirnya, pada 1995 mengeluarkan album Kupu-Kupu Kertas (didukung oleh Ian Antono, Billy J. Budiardjo, Purwacaraka, dan Erwin Gutawa) dan Cinta Sebening Embun - Puisi-Puisi Cinta. Pada 1996 Ebiet mengorbitkan album Aku Ingin Pulang - 15 Hits Terpopuler. Dua tahun berikutnya ia mengeluarkan album Gamelan yang memuat lima lagu lama yang dikompos ulang dengan musik tradisional gamelan. Lalu pada tahun 2000 Ebiet merilis album Balada Sinetron Cinta dan pada tahun 2001 mengeluarkan album Bahasa Langit, yang didukung oleh Andi Rianto, Erwin Gutawa dan Tohpati.

Ebiet G Ade sendiri adalah suami dari Yayuk Sugianto kakak dari penyanyi pop Iis Sugianto  yang dinikahinya sejak tahun 1982. Perkawinan mereka dikaruniai 4 orang anak, masing-masing Abietyasakti Ksatria Kinasih, Adaprabu Hantip Trengginas, Byatuasa Pakarti Hinuwih, Segara Banyu Bening.

Seorang Ebiet G Ade adalah Legenda di bidangnya, lagu-lagu beliau akan dikenang sepanjang masa. Riwayat akademis Ebiet G Ade adalah seorang yang baik dan agamis, dibesarkan dari keluarga yang sederhana, setelah lulus SD, Ebiet masuk PGAN (Pendidikan Guru Agama Negeri) Banjarnegara. Disini  ia tidak betah sehingga akhirnya ia memutuskan hijrah ke Yogyakarta. Sekolah di SMP Muhammadiyah 3 dan melanjutkan ke SMA Muhammadiyah I. Di sana ia aktif di PII. Namun, ia tidak dapat melanjutkan kuliah ke Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada karena masalah ekonomi. Ia lebih memilih bergabung dengan grup vokal ketika ayahnya yang pensiunan memberinya opsi: Ebiet masuk FE UGM atau kakaknya yang baru ujian lulus jadi sarjana di Universitas Jenderal Soedirman , Purwokerto.

Nama Ebiet didapatnya dari pengalamannya kursus bahasa Inggris semasa SMA. Gurunya orang asing, biasa memanggilnya Ebiet, mungkin karena mereka mengucapkan A menjadi E. Terinspirasi dari tulisan Ebiet di bagian punggung kaos merahnya, lama-lama ia lebih sering dipanggil Ebiet oleh teman-temannya.


~ kord dan lirik lagu Ebiet G Ade simak disini ~

1 comments:

pratama agustiana said...

i like you bang ebit g ade,,,

Post a Comment

Harap meninggalkan komentar,saran dan usul untuk pencerahan dan perbaikan , terima kasih.............
salam blogger