14 October 2011

Mengenal apa itu Backlink dan Manfaatnya di dalam Search Engine Optimization (SEO)

Arti Backlink atau tautan balik atau dikenal juga dengan istilah Inbound Link (IBL), adalah link/tautan yang tersimpan pada web lain yang mana mengarah kepada web anda. Sebagai contoh : link http://gitarchordshack.blogspot.com terdapat di situs anda, artinya situs ini mempunyai Backlink dengan blog anda, begitupun sebaliknya. Ini merupakan teknik SEO yang harus anda pahami dan kuasai, karena semakin banyak Backlink  yang anda peroleh, semakin penting pulalah situs anda  dimata Search Engine terutama Google.
 
Sekarang bagaimana caranya untuk mengetahui jumlah backlink yang menuju blog kita? Ada banyak situs yang memberikan fasilitas untuk mengetahui jumlah backlink, yang pertama sudah tentu google itu sendiri, caranya masuk ke google.com tinggal ketik “link : namablog.com” contoh “link:www.gitarchordshack.blogspot..com” tanpa tanda petik.

Beberapa web lainnya adalah :
Memang ada sedikit perbedaan hasil diantara engine checking diatas, tetapi hanya sedikit saja, tidak signifikan perbedaannya. Ketikkan nama blog anda pada fitur yang ada pada situs tadi untuk mengetahui jumlah situs yang mem-backlink ke situs anda.

Jumlah Backlink merupakan indikasi popularitas atau pentingnya sebuah website. Backlinks sangat penting untuk SEO,  karena beberapa mesin pencari terutama Google, akan memberikan kredit lebih untuk website yang memiliki jumlah Backlink yang berkualitas, dan lebih mengutamakan Tema yang relevan ( kesamaan Keyphrase/Keyword) .

Tidaklah cukup dengan hanya memiliki banyak Backlink,  kualitas Backlink lah yang paling penting selain harus berusaha  meningkatkan kuantitasnya agar peringkat web anda lebih baik di Search Engine.

Backlink dapat dianggap sebagai Backlink Berkualitas jika :
1.       Tema dari situs Backlink adalah sama /sejenis dengan  tema Website anda.
2.       Kata kunci (Keyword/Keyphrase) yang digunakan web Backlink anda menyerupai Keyword yang anda gunakan sebagai upaya optimalisasi pencarian Backlink pada situs anda.

Pentingnya Backlinks :
Artikel ini akan menjelaskan kepada anda apa arti Backlink, mengapa Backlink begitu penting?, dan apa yang dapat anda lakukan untuk membantu mendapatkan Backlink  tanpa  mendapatkan masalah dengan Search Engine.

Jika anda telah membaca atau belajar tentang Search Engine Optimization, maka anda akan menemukan istilah "Backlink"  Bagi kita yang masih baru berkecimpung didalam dunia SEO, anda mungkin bertanya-tanya apa itu backlink?, dan mengapa Backlink itu sangat penting?.

Ketika mesin pencari menghitung relevansi dari sebuah situs untuk kata kunci, akan mempertimbangkan jumlah Inbound Link yang ber- KUALITAS ke situs tersebut. Jadi kita tidak boleh puas dengan hanya mendapatkan Inbound Link saja, yang terpenting adalah kualitas Inbound Link itu sendiri.

Ketika satu situs lain nge-link  ke situs anda, dan situs-situs itu memiliki konten yang berhubungan dengan situs anda, maka Inbound Link ini dianggap lebih relevan. Jika Inbound Link yang ditemukan pada situs lain dengan konten yang tidak terkait, link ini  dianggap kurang relevan. Semakin tinggi relevansi Inbound Link, semakin baik pula kualitas Link-nya.

Sebagai contoh, jika seorang webmaster memiliki situs Web tentang bagaimana cara menyelamatkan anak anjing yang terlantar, dan menerima backlink dari website lain tentang anak anjing peliharaan, maka hal ini akan lebih relevan/berhubungan dalam penilaian Search Engine daripada membandingkannya dengan Link dari sebuah situs tentang balap mobil. Backlink dari sebuah situs yang lebih relevan inilah  yang akan mengarahkan  pencarian ke website anda, apalagi jika web anda terhubung Backlink dengan sebuah situs yang ber-Pagerank tinggi.

Akhir-akhir ini kriteria mesin pencari untuk kualitas Inbound Link sudah lebih diperketat, banyak webmaster yang mencari akal dengan jalan pintas berusaha untuk mencapai Inbound Link ini dengan teknik curang/cheating atau licik, seperti dengan menggunakan link tersembunyi, atau halaman yang dihasilkan secara otomatis dengan menggunakan software tertentu yang tujuan utamanya adalah untuk memberikan inbound link ke situs web. Halaman ini disebut Link Farms, dan mereka tidak hanya akan diabaikan oleh mesin pencari, tetapi menghubungkan Link Farms bisa berakibat situs anda akan dilarang sepenuhnya alias di Banned oleh Search Engine untuk selamanya..

Cara lain untuk memperoleh Backlink yang berkualitas adalah dengan menarik pengunjung sebanyak-banyaknya untuk datang ke website anda. Anda tidak dapat membuat sebuah Website, lantas kemudian berharap dan menunggu begitu saja agar orang-orang akan menemukan website anda tanpa petunjuk atau arahan. Salah satu cara adalah dengan Link dan Backlink yang saling menghubungkan.

Ada banyak pendapat atau statement  tentang Backlink yang saling menghubungkan. Pada update Google terakhir, Backlink adalah salah satu target dari sistem mesin pencari terbaru. Banyak webmaster telah malakukan pertukaran link timbal balik (Backlink) dalam rangka meningkatkan peringkat situs mereka dengan banyaknya Inbound Link.

Dalam pertukaran link, secara teknis adalah jika salah satu webmaster menempatkan link pada website-nya yang menunjuk ke website webmaster lain, dan begitu juga sebaliknya. Kadang-kandang banyak dari link ini tidak relevan, akhirnya diabaikan oleh mesin pencari.

Membangun Backlink yang berkualitas sangatlah penting untuk mengoptimalkan Search Engine Optimization, saking pentingnya haruslah  dijadikan  perioritas utama didalam SEO anda.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kawan-kawan blogger pemula.

2 comments:

Apa itu Backlink dan Manfaat untuk Seo? said...

Artiel yang menarik.. thanks udah sharing... tetep semangat update dan semoga sukses... :)

BELIDE MS said...

mantap : https://www.lyricsrp.com

Post a Comment

Harap meninggalkan komentar,saran dan usul untuk pencerahan dan perbaikan , terima kasih.............
salam blogger

Popular Posts