22 October 2011

Memilih dan Mengenal Amplifiers Gitar

Amplifier gitar adalah sebuah perangkat elektronik yang dirancang untuk menghasilkan dan sebagai pengeras suara dari gitar listrik atau akustik, suara gitar akan dikeluarkan melalui loudspeaker. Amplifier gitar juga dapat memodifikasi nada instrumen dengan fitur tertentu sehingga akan menghasilkan efek elekronik seperti chorus, tremolo, distorsi dan lain sebagainya.

Satu hal yang perlu dicatat adalah ampli gitar yang buruk dapat membuat suara gitar yang baik menjadi buruk dan ampli gitar yang bagus mutunya dapat membuat suara gitar yang buruk menjadi luar biasa. Untuk anda yang baru belajar gitar atau baru mengenal beberapa kord gitar (Chord Anda yang Pertama ), ampli gitar yang baik juga berpengaruh kepada anda, mungkin dengan ampli yang bagus secara psikologis akan menambah semangat anda didalam belajar gitar (tentunya disesuaikan dengan ketebalan kantong anda).

Maka jangan mengabaikan kualitas dari sebuah ampli gitar jika anda memang antusias ingin menjadi seorang gitaris.
Sebagai pedoman mungkin tidak ada salahnya jika anda mengetahui jenis dan type amplifier gitar sebelum anda memutuskan untuk membeli,  mari kita simak uraian dibawah ini, mudah-mudahan ada manfaatnya.

Pada umumya ada 4 macam amplifier gitar :
1.       Tube amps
2.       Analog (solid state)
3.       Digital amps
4.       Hybrid amps
  
1.         Amplifier Tabung (Tube Amplifiers ) :
Amplifier gitar pertama yang pernah diciptakan adalah ampli tabung, saat ini masih banyak gitaris dunia memilih menggunakannya dibandingkan dengan ampli gitar analog atau digital. Alasannya adalah karena suara yang dihasilkan ampli tabung lebih lembut  dan hangat, sehingga suara yang dihasilkan terasa alami bagi sebagian gitaris khususnya para gitaris blues.  Kelebihan lain dari ampli tabung adalah pada amplikasi, suara yang dihasilkan umumnya lebih powerful walaupun dengan kekuatan watt yang sama dibandingkan dengan ampli analog atau digital.

Ampli tabung memiliki saluran terpisah untuk menghasilkan efek distorsi dan efek clean. Distorsi di ampli tabung umumnya dihasilkan oleh Overdriving pre-amp (penguat sinyal gitar). Ada dua kelemahan utama secara fisik dari ampli tabung ini, pertama : adalah tabung terbuat dari kaca dan mudah pecah/rusak jika tidak hati-hati, kedua : tabung bisa aus dan perlu diganti secara berkala, apalagi pada era serba digital sekarang tidak banyak yang menjual tabung-tabung ini sebagai spare, kalau adapun harganya tentu cukup mahal.

2.         Solid State (analog) amplifiers
Kenapa  jenis amp gitar jenis ini disebut solid state? karena  menggunakan transistor dalam menangkap sinyal gitar sebagai pre amp. Masalah utama dengan ampli gitar solid state ini adalah suara yang dihasilkan lebih kasar dan kurang alami jika dibandingkan dengan ampli gitar tabung. Hal ini terutama terjadi pada saluran distorsi-nya, kualitas distorsi pada ampli solid state bisa berbeda antara merk yang satu dengan yang lainnya, tergantung dari kualitas komponen transistornya, oleh sebab itu anda hendaklah berhati-hati didalam memilih ampli jenis ini.

Kelebihan ampli gitar solid state adalah umurnya lebih panjang, tidak mudah rusak, lebih murah  dan komponennya mudah diperoleh, tidak seperti ampli gitar tabung, ampli gitar Solid State disukai oleh sebagian gitaris karena alasan-alasan tadi.



3.         Digital (Modeling) amplifiers
Ampli jenis ini menggunakan perangkat Digital Processors, kelebihannya adalah dapat menghasilkan dan meniru bermacam-macam suara. Ampli ini semakin populer di kalangan gitaris dewasa ini, karena terus di kembangkan dan harganyapun semakin murah.
Suara yang ditiru ampli ini sangat mirip dengan suara aslinya, bahkan suara bayi menangispun hampir mirip dengan bayi sungguhan.
  
4.         Hybrid amplifiers
Beberapa insdustri gitar  dewasa ini telah mengeluarkan ampli gitar yang menggabungkan pre-amp tabung dan solid state power amp. Yang paling terkenal adalah Marshall Valvestate Seri amp. Ampli ini menjadi alternatif jika anda ingin memiliki ampli gitar yang bertabung tetapi harganya lebih murah jika dibandingkan dengan Tube Amplifier.



Memilih Amplifier Gitar Anda
Cara terbaik untuk meneliti sebelum membeli ampli gitar adalah rajin jalan-jalan ke berbagai toko alat musik. Bawalah gitar listrik anda dan mampir ke toko alat musik, masuk ke beberapa toko dan mencoba ampli yang berbeda, lakukan hal ini sebanyak yang anda bisa.
Berbekal uraian diatas coba bandingkan antara ampli yang satu dengan ampli yang lainnya, dengarkan perbedaannya dan jangan lupa bandingkan harganya, sesuaikan dengan kocek anda.

Saya sarankan ajaklah teman anda yang lebih berpengalaman soal ini sebagai kawan untuk bertukar pikir dan saran. Dengarkan suara ampli-ampli yang anda coba secara seksama, bandingkan dengan rentang harganya. Coba amp dari rentang harga yang berbeda untuk melihat apakah anda dapat mendengar perbedaannya.
Mainkan ampli pada volume yang berbeda untuk melihat apakah perangkatnya merespon dengan baik. Periksa semua fitur yang berbeda untuk memastikan suaranya ok atau tidak,  terutama efek Clean dan Distorsi.
Jika anda memilih dengan bijak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda, saya yakin anda akan menjadi puas telah berusaha.

Selamat bermusik sob, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Harap meninggalkan komentar,saran dan usul untuk pencerahan dan perbaikan , terima kasih.............
salam blogger

Popular Posts