16 October 2011

Lebih Jauh Mengenai Perawatan dan Jenis Senar Gitar


Seberapa sering anda mengganti senar pada gitar anda?
Banyak orang telah menulis tentang hal ini, seberapa sering anda mengganti senar gitar anda, walaupun telah banyak pakarnya saya hanya ingin membagikan beberapa pedoman kecil di sini khususnya bagi mereka yang baru belajar gitar, paling tidak ada sedikit manfaat atau sesuatu yang bisa berguna bagi orang lain.

Penyebab rusaknya atau menurunnya kwalitas senar gitar yang paling sering terjadi adalah karena kurang dirawat ( Panduan Perawatan Gitar Anda ). Biasanya kita tidak membersihkan senar gitar setelah selesai dimainkan, saya pribadi paling tidak bisa mentolerir hal ini, selain dapat menyebabkan karat pada senar, juga dapat merubah tuning. Naah .. bagaimana jika hal ini terjadi ketika anda sedang di atas pentas atau sedang show, tuning (steman) gitar anda tiba-tiba berubah kan jadi berabe tuh, apalagi jika sedang bersolo dengan melodi mautnya (Cara Praktis Menyetem Gitar dengan "Clip Guitar Tuner").

Umumnya, tangan kita mengandung asam dari keringat  yang akan menyebabkan karat pada senar, karat ini akan  merubah diameter senar , artinya senar tidak dapat bergetar pada frekuensi yang tepat.
Faktor lain seperti iklim dimana anda tinggal juga sangat berpengaruh pada kualitas senar. Contohnya jika anda tinggal di dekat pantai maka kontribusi karat pada senar gitar akan jauh lebih cepat terjadi, karena uap garam dari pantai akan mempercepat proses karat.

Kita lihat beberapa tips dibawah ini agar senar gitar anda bisa lebih panjang umurnya, enak dimainkan, asik suaranya.
Satu hal yang sangat penting adalah membersihkan senar dengan kain lembut dan kering setiap kali gitar anda selesai dimainkan, bersihkan senar dari atas sampai bawah. Caranya, selipkan kain pembersih diantara senar dan batang gitar (fingerboard) dan jalankan bolak-balik sepanjang leher/batang gitar. Hal ini akan membantu mengeringkan bekas keringat jari anda agar terhindar dari karatan serta meghilangkan debu agar tidak mengerak nantinya.
Saya melakukan ini setiap kali saya selesai memainkan gitar saya atau setiap selesai pertunjukkan, badan gitar selalu saya seka/di lap, selanjutnya membersihkan senar-senar. Hal ini SANGAT PENTING karena hari-hari berikutnya jika saya mulai dengan gitar lagi, senar-senar tetap pada tuning-nya dan suaranya selalu bright.


Finger Ease Spray

Ada semacam cairan aerosol dijual di toko alat-alat musik yang disemprotkan pada senar gitar biasanya dikenal dengan istilah Finger Ease Spray, fungsinya untuk mengurangi gesekan antara jari-jari anda dengan senar. Saya sarankan cairan ini digunakan bagi pemula atau bagi anda yang sudah lama tidak memegang gitar anda agar jari tidak terlalu sakit.
Selain itu cairan ini juga dapat membantu melindungi senar sehingga tidak cepat karatan.

Tips berikutnya adalah upayakan menggunakan senar yang berkualitas baik, karena senar  tidak diproduksi dengan kualitas yang sama.
Ada beberapa merek senar yang saya suka yang sekarang saya gunakan pada gitar-gitar saya. Sudah berbagai macam merk sudah saya coba. Akhirnya untuk gitar yang berbeda saya gunakan merk senar yang berbeda pula. Pada gitar akustik misalnya, merk senarnya berbeda dengan gitar elektrik.

Tapi merek yang saya sarankan adalah D'Addario, menurut saya merk ini punya kualitas yang OK, suaranya sangat konsisten,  tidak mudah berubah.

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Harap meninggalkan komentar,saran dan usul untuk pencerahan dan perbaikan , terima kasih.............
salam blogger