15 December 2010

Panduan Perawatan Gitar Anda



  • Tune (stel)  gitar anda setiap kali anda mengambilnya untuk dimainkan, karena steman/stelan senar pada gitar setiap saat bisa berubahyang terutama disebabkan oleh kualitas senar, kualitas gitar  itu sendiri dan faktor lainnya.

  • Hindari menyimpan gitar  di tempat dengan perubahan suhu yang ekstrim contohnya ditempat yang lembab hal ini akan mengacaukan tuning. sering terjatuh atau terbentur  juga akan mengakibatkan suara senar akan lari dari tune (fals).

  • Ditempat yang suasananya gaduh dan bising saya sarankan anda sebaiknya mengunakan Tuner  Gitar.  Sebagai seorang calon gitaris atau bahkan bagi seorang musisi sekalipun anda harus memiliki sebuah Guitar Tuner  (Cara Praktis Menyetem Gitar dengan "Clip Guitar Tuner" ). Tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan fungsi dan manfaatnya. Tapi  ingat anda harus selalu mencoba melatih telinga dan naluri anda didalam mengembangkan  kemampuan  Tuning (Menyetem) dengan menggunakan  metode  tuning  gitar  secara alami alias menyetem gitar tanpa menggunakan alat.
  • Jika senar gitar anda putus usahakan selalu menggantikannya sendiri, karena lama kelamaan anda akan merasakan sentuhan secara psikologis bagaimana memperlakukan dan merawat instrumen kesayangan yang anda miliki.  
  • Sebelum melakukan tuning pada senar yang anda duga lari dari not (fals),  periksa terlebih dahulu dua senar yang berdekatan, belum tentu senar  yang anda duga tadi sebenarnya yang fals.
  • Mainkan akord (kunci) yang anda kenal dengan baik untuk menguji tuning (biasanya akord C, D, G, A ), jika kedengarannya aneh atau lari sedikit,  percayakan kepada pendengaran dan feeling anda, kemudian lakukan tuning pada senar untuk membetulkan.
  • Pada saat memasang senar baru pada gitar anda, biasanya untuk beberapa waktu akan terjadi perubahan tensi atau tegangan pada senar, hal in akan menyebabkan perubahan pitch. Untuk meminimalisir hal tersebut tariklah (betot) senar tersebut untuk beberapa saat tentunya dengan tenaga yang secukupnya, hal ini dilakukan untuk mengurangi perubahan regangan.
  • Olesi minyak khusus (biasanya tersedia di toko alat-alat musik) pada senar gitar anda sehabis digunakan, tangan kita mengandung uap air (keringat) asin yang dapat mengakibatkan korosi (karat) pada senar gitar, terutama senar yang terbuat dari kawat (string). Bisa juga anda gunakan minyak makan untuk mengoles, jangan malas, harus disiplin lakukan setiap kali selesai digunakan.
  • Penting untuk diingat pada saat anda memasang senar baru, lilitan pada pemutar senar (Tuning Key) jangan lebih dari 3 lilitan, sisanya dibuang atau dipotong saja, karena hal ini akan berpengaruh kepada ketahanan Tuning Key, karena semakin banyak lilitan senar semakin berat pula lah beban si Tuning Key yang tentunya memperpendek umurnya.

0 comments:

Post a Comment

Harap meninggalkan komentar,saran dan usul untuk pencerahan dan perbaikan , terima kasih.............
salam blogger