13 September 2011

Cara Merawat Hard Disk

Merawat hard disk dengan baik adalah sangat penting, karena hardware yang satu ini adalah tempat dimana semua data dan disimpan, dan jika terjadi crash hard disk alias error pada  kebanyakan kasus data yang hilang tidak dapat dikembalikan. Ada software untuk recovery/penyelamatan data serta program yang tersedia untuk  memulihkan data dari hard disk rusak, tetapi hal ini jarang berhasil memulihkan data 100%.

Pertanyaannya mengapa kerusakan hard disk (Crashed) bisa terjadi? dan hal penting apa yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut diatas?.

Hard disk crashed disebabkan karena bererapa faktor antara lain, tegangan listrik yang tidak stabil, benturan fisik (misalnya terjatuh atau terbentur dengan keras, pemakaian yang tidak benar dan tentu saja kegagalan mekanis dari hard disk itu sendiri karena keausan dari bagian internal. Untuk itu saya ingin sharing beberapa hal penting agar hard disk  bisa berumur lebih panjang.

  1. Kerusakan hard disk akibat Fluktuasi tegangan listrik dapat dicegah dengan menggunakan stabilisator/stabiliser. Sebagian besar hard disk crashed disebabkan oleh hal yang satu ini.

  1. Kerusakan fisik misalnya terjatuh dari tempat tinggi atau meletakkan hard disk pada  posisi yang salah dapat dicegah dengan menangani hard disk dengan hati-hati pada saat anda  menginstal / menginstal ulang. Ketika menginstal pastikan hard disk pada posisi  duduk sempurna horisontal, jangan biarkan hard disk sampai bergetar atau terguncang.

  1. Lakukan defragmenting/penataan isi hard disk secara teratur dari waktu ke waktu. Apa yang mesti di defragmentasi? Semua file yang terisimpan di berbagai tempat pada hard disk. Data baru yang kita buat di dalam hard disk tidak disimpan sebagai satu file yang berdekatan namun dipecah dan tersebar di berbagai tempat . Ketika user membuat atau mengakses file/data, pada hard disk yang tidak ter-defrag/tertata, jarum pembaca hard disk bergerak kesana kemari untuk mencari fragmen ini, hal ini yang menyebakan jarum pembaca akan bekerja ekstra berat. Oleh sebab itu sangatlah besar manfaatnya jika anda secara berkala melakukan defragmentasi untuk mencegah terjadinya hard disk crashed.

Untuk melakukan defragment hard disk dimulai dari (All Programs / Accessories / System Tools / Disk Defragmenter). Dibutuhkan ruang kosong paling sedikit 15% dari kapasitas hard disk untuk dapat menjalankan defragmentasi ini.
Hard disk juga dapat di program agar melakukan defragment secara otomatis dengan menggunakan schedule task, program ini dapat diakses pada System Tools.

  1. Pengaturan sumber daya listrik (Power Management Tools)  juga dapat digunakan untuk memperpanjang umur dari hard disk anda. Untuk mengakses program ini jalankan :  start / control panel / power options kemudian aturlah parameter sesuai dengan kebutuhan anda.
Pada bagian ini penting untuk membuat pengaturan sumber daya listrik agar hard disk tidak bekerja pada saat komputer tidak digunakan.

  1. Disk Cleanup meningkatkan efisiensi dari hard disk. Langkah ini adalah melakukan penghapusan file dan program yang tidak dibutuhkan lagi secara teratur.

Disk Cleanup dijalankan dengan cara klik Start / All Programs /  Accessories / System Tools, dan  Disk Cleanup.

Demikian beberapa hal yang dapat saya bagikan untuk meningkatkan kinerja dan perawatan pada hard disk, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Harap meninggalkan komentar,saran dan usul untuk pencerahan dan perbaikan , terima kasih.............
salam blogger