09 February 2011

Belajar Dasar Memainkan Scales pada Gitar


Metode bermain Scale pada gitar sangatlah penting dengan alasan :

1. Ketrampilan Scale yang memadai akan meningkatkan kemampuan dan kekuatan jemari anda didalam memainkan gitar.
2. Memainkan  Scale  akan  membantu  melatih  pendengaran  atau  naluri anda untuk memahami atau menguasai dengan baik kombinasi not ataupun melodi pada gitar.
3. Kemahiran  didalam  memainkan  Scale  akan   sangat   bermanfaat   pada   seorang   gitaris  didalam ber-improvisasi bahkan didalam penciptaan lagu.

Ada 5 bentuk dasar Scale yang harus anda kuasai dan harus anda latih setiap hari. Cobalah dengan berbagai posisi pada fret gitar anda, tetapi saya sarankan yang terbaik adalah disekitar fret ke-5. Cobalah melakukan improvisasi melodi ketika anda mulai menguasai sebuah scale.

Sekali lagi saya tekankan bahwa, memainkan Scale dapat dilakukan di fret  mana saja di dalam gitar. Sebagai contoh, not pertama yang  anda mainkan pada sebuah scale misalnya senar ke-6 (E) fret ke-5 (A)  akan menjadi nama dari Scale tersebut yaitu "A-Major Scale".

Jika anda memulainya (not pertama) pada senar ke-6 (E) fret ke-3(G), maka akan menjadi "G-Major Scale".

Awali dengan belajar satu Scale saja terlebih dahulu untuk pemula, jangan pelajari banyak Scale  sekaligus, karena hal ini akan  embuat anda jenuh dan bosan. Cobalah dengan urut-urutan Scales yang disarankan dibawah ini, mulailah dengan Major Scale.

Setelah anda sudah lancar atau boleh juga sedikit lancar deh memainkan satu Scale, selanjutnya cobalah kombinasi Picking (memetik) seperti dibawah ini :
1.  Petik 2  kali pada setiap not, lakukan petikan naik ( memetik kearah atas ) &  turun ( memetik kearah  bawah ), dimulai dengan petikan kebawah (turun) pada not yang pertama. Usahakan gerakan  picking    anda sekecil mungkin agar gerakan jari yang memetik jadi efektif.

Gerakan jemari kiri anda  juga  harus  anda usahakan efektif, artinya jangan  terlalu jauh  atau terlalu     terlalu kaku   dari   not   berikutnya  yang  akan  anda  mainkan.  Lakukan  latihan  ini  berulang-ulang      sampai jari-jemari anda menjadi luwes menari-nari pada gitar anda.

2. Selanjutnya petik 3 kali pada setiap not Scale tadi dengan metode  yang  sama  petik  turun dan naik     (Down and Up Picking).

3. Selanjutnya  petik  4  kali  pada setiap not Scale tadi dengan metode yang sama petik turun dan naik      (Down and Up Picking).

4.  Petik  1  kali  pada  setiap  not,  tetapi  lakukan  petikan Down & Up. Down pada not 1, Up pada not      ke 2, Down pada not ke 3 dan seterusnya. Kesalahan yang sering saya temui   pada  pegitar otodidak  adalah  memetik turun saja pada senar yang sama.

 Mempelajari 5 Scale Dasar :

Major Scale
Saya sarankan bagi pemula agar belajar Scale ini sebagai Scale Dasar sebagai latihan untuk menguasai  scale-scale yang lebih rumit nantinya. Scale ini adalah Scale 2 oktaf (lihat bulatan not warna merah) adalah dasar (root) dari not yang berulang kembali tetapi memiliki oktaf (not) yang lebih tinggi.
 










Minor Pentatonic Scale
Minor pentatonic Scale adalah Scale yang pada umumnya digunakan untuk Lead Guitar didalam musik Rock & Blues. Penta artinya Lima (5), jadi Minor Pentatonic Scale hanya memiliki 5 not sebelum kembali ke not asal (root).










Blues Scale
Blues Scale adalah Scale Minor Pentatonic di tambah 1 not. Berbeda dengan Heavy Metal atau Country Scale, Scale ini sering pula di gunakan pada jenis musik lainnya.











Major Pentatonic Scale













Minor Scale









Popular Posts