20 January 2011

Mempelajari Fretboard Gitar Anda


Gambar di bawah ini adalah gambar fretboard gitar anda, tujuannya adalah untuk memahami bagaimana diagram ini bekerja, anda harus memegang gitar anda saat ini dan arahkan ke wajah anda. Cara beginilah anda akan belajar melihat atau menyimak diagram fret gitar. Lihatlah gambar di bawah ini dan  bayangkan bahwa gambar tersebut adalah gitar anda yang dihadapkan ke wajah anda.


Setiap titik di fretboard gitar merupakan jarak fret pada gitar, lihat di bawah. Titik pertama adalah pada fret ke-3, titik yang kedua pada fret ke-5, titik ketiga terletak pada fret ke-7 dan seterusnya sepanjang fretboard hingga ke badan gitar. Kebanyakan jenis gitar memiliki titik-titik ini, tapi ada beberapa pula yang tidak diberi tanda titik.

Angka-angka yang terlihat di bawah fret  menunjukkan fret keberapa (contoh no.1 sampai dengan no.19) bertujuan untuk memudahkan anda didalam menghitung atau menandakan titik nada yang akan dimainkan.
Hitunglah jumlah fret pada gitar Anda, beberapa gitar memiliki sebanyak 24 frets. Gambar diatas hanya menunjukkan 19 fret, memang hanya itu yang kita butuhkan untuk saat ini. Secuil rahasia, bahwa setiap not pada senar yang sama akan berulang kembali di fret ke-12. Setiap pola skala (scale) juga berulang setiap 12 fret. Kita akan belajar lebih dalam tentang itu nanti.
Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ada 6 senar pada gitar. Setiap string label pada gambar di atas ditandai dengan E-A-D-G-B-E. Ini adalah 6 senar yang membentuk sebuah gitar.
Coba anda perhatikan pada gambar diatas, terdapat 2 senar E bukan?. Salah satunya adalah E Rendah yang merupakan senar E dengan warna merah dan ini adalah senar terbesar, lihat di atas. yang lainnya adalah E Tinggi yang merupakan senar tertipis (terkecil). Sebagaimana  yang telah kita ketahui bentuk senar diatas adalah bentuk standar pada setiap alat musik gitar (lihat skema dibawah ini ).

E-Tinggi       Senar No.1 (String No.1)         Paling Kecil
B                   Senar No.2 (String No.2)
G                   Senar No.3 (String No.3)
D                   Senar No.4 (String No.4)
A                   Senar No.5 (String No.5)
E-Rendah    Senar No.6 (String No.6)          Paling Besar

2 comments:

abdul halim said...

Terima kasih ... sekalian aku izin mengkopi.... trims... semoga amal baik Saudara diterima Allah SWT... Aamiin

Unknown said...

thks sangat membantu, izin copas

Post a Comment

Harap meninggalkan komentar,saran dan usul untuk pencerahan dan perbaikan , terima kasih.............
salam blogger

Popular Posts