10 March 2012

Cara Membaca Chord Gitar


Chording ( kord gitar )  yang saya buat memang sedikit berbeda, saya menambahkan ketukan diatas lirik lagu tertentu yang menurut pengalaman saya kadang kita lupa berapa lama atau berapa ketukan suatu kunci dimainkan sesuai dengan lagu aslinya, hal ini penting bila sewaktu kita membaca  teks kord gitar sebuah lagu ( kord gitar dan lirik lagu ) beserta kord-nya untuk dimainkan secara berkelompok (band), sehingga setiap personil akan mengetahui kapan pengulangan suatu reffrain, berapa ketukan atau berapa lama kord tertentu dimainkan pada saat interlude (jedah musik) dan lain sebagainya.

Memang pada kenyataannya personil  suatu band dapat menghafalkan kord gitar atau progresi chord suatu lagu yang di mainkan seketika, tetapi perlu diperhatikan bahwa untuk kawan-kawan yang sering main di studio, nge-jam, memainkan lagu-lagu yang sedang populer saat ini pada suatu saat akan menyadari bahwa, arsip kord gitar lagu-lagu yang sudah dimainkan telah berjumlah puluhan bahkan ratusan, hal ini tentunya akan menjadi masalah jika suatu ketika ingin mengulangi lagu yang sudah lama tidak dimainkan,  misalnya di nada dasar apa? Seperti partitur/not balok suatu orkestra yang tidak perlu dihafalkan tetapi tinggal dibaca saja.

Saya yakin bahwa banyak dari kawan-kawan yang sudah mengetahui dan mahir dalam hal ini, tetapi mungkin bagi yang baru belajar kord gitar (Tip Dasar Belajar Memainkan Chord (Akord) Gitar) moga-moga artikel ini sedikit memberikan faedah .

Contoh chord :  |A . . . | D . . . |, artinya Kunci A dimainkan selama 4 ketukan, kunci D dimainkan selama 4 ketukan juga.
                                              
Contoh chord :  |G/B . . . |, artinya  Chord  yang dimainkan adalah kunci G , sedangkan bass dimainkan pada nada B (dibaca G on B), dimainkan pada saat yang bersamaan.

8 comments:

Unknown said...

wah ane bnyak belajar ni di blog ini, biar mahir main gitar

dayman deciti said...

gan, da tips buat belajar not balok g?
pengen banget bisa neh, tapi gk punya basic seni :(

johanchang88 said...

http://blogbudaqdegil.blogspot.com/2012/01/akuntansi-laporan-keuangan-terbaik.html

Unknown said...

Cara Membaca Chord Gitar
smoga dapat membantu. terima kasih

Fikri Humor said...

hoke gan... saya pemula dalam bermain gitar nih masih belajar... abis blogwalking bentar eh ketemu blog ini... inform useful banget gan...

Anonymous said...

kalo di lagu ketemu sama chord gitar yang susah. bisa nggak di ganti sama chord yang lebih gampang? trimakasih...

budidaya pepaya said...

kunjungan pertama gan lam kenal semua dari juragan buah

Ifan Qomarudin said...

.: asyik nich, buat belajar main gitar...^_^

Post a Comment

Harap meninggalkan komentar,saran dan usul untuk pencerahan dan perbaikan , terima kasih.............
salam blogger

Popular Posts